Jumat, 25 Juni 2010

Masyarakat Madani dan Peran Pemuda

“Education is the most powerful weapon which you can use to change the world “
Nelson Mandela



Ya, itulah yang Nelson Mandela katakan tentang betapa pentingnya pendidikan bagi setiap orang, ter khususnya untuk setiap pemuda pemudi bangsa termasuk para pemuda pemudi bangsa kita ini, Bangsa Indonesia. Namun anehnya, mengapa para pemuda pemudi bangsa ini terkadang tidak memahami betul betapa berartinya pendidikan bagi kemajuan bangsanya. Dengan bermalas-malasan dan membuang-buang waktu untuk hal yang tidak bermanfaat jelas para pemuda pemudi ini tidak menganggap pendidikan sebagai suatu hal yang cukup penting. Padahal, seperti yang dikatakan Nelson Mandela, pendidikan adalah senjata yang paling kuat yang mana dapat kita gunakan untuk merubah dunia (setidaknya untuk merubah bangsa ini). Jelas hal ini menghambat kemajuan bangsa untuk menjadi bangsa yang masyarakat madani.
Yang dimaksud dengan masyarakat madani adalah masyarakat yang berpartisipasi dan saling mengayomi untuk mewujudkan cita-cita pemerintah. Cita-cita pemerintah bisa dalam segi pembangunan yang semakin maju, kesejahteraan sosial, pendidikan dan lain sebagainya. Nah, cita-cita pemerintah inilah yang harusnya wajib bagi para pemuda pemudi bangsa ini untuk mewujudkannya. Dengan cara apa? Ya bisa bermacam-macam. Contohnya saja para pelajar, kita sebagai pelajar seharusnya sudah memiliki komitmen untuk serius dalam belajar dan aktif di Organisasi. Namun bila kita sebagai pelajar hanya bermalas-malasan, tidur di kelas, banyak pacaran dan sebagainya yang termasuk perbuatan yang kurang bermanfaat, itu sama saja kita menghancurkan negara! Kita sama aja telah menghancurkan cita-cita negara ini untuk membentuk masyarakat yang madani! Apakah kita sebagai sebagai pelajar atau siapapun kita menyadari bahwa kita telah (sedikit demi sedikit) membawa bangsa sendiri dalam kehancuran?! Apakah kita semua sudah mempunyai komitmen untuk membangun bangsa ini bersama demi kemajuan bangsa?!
Yah, mungkin memang beberapa dari kita belum menyadari betapa pentingnya peran mereka para remaja/pemuda untuk membantu dan mewujudkan cita-cita pemerintah dalam mewujudkan masyarakat madani. Mungkin kita semua para pemuda perlu introspeksi diri tanpa banyak menyalahkan orang lain, karena kita para pemuda harus tetap bersatu untuk mewujudkan cita-cita negeri ini, negeri yang kita cintai, negeri Indonesia. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi semuanya.

Comments :

0 komentar to “Masyarakat Madani dan Peran Pemuda”