Jumat, 25 Juni 2010

Pemuda adalah generasi penerus bangsa

Apa yang akan Anda jawab bila muncul pertanyaan: siapa generasi penerus bangsa. Dengan gampangnya orang akan menjawab: pemuda adalah generasi penerus bangsa.

Sebenarnya, seperti apa generasi yang diharapkan bangsa kita ini? Tanpa menyebut secara detail, kata “pemuda” bermakna terlalu umum. Sampai kapan pemuda akan dibebani pemaknaan itu? Siapa yang sebenarnya berhak mendapatkan sebutan sebagai generasi penerus bangsa?

Generasi penerus bangsa sudah seharusnya memberikan sumbangsihnya kepada bangsa. Bangsa ini membutuhkan pemuda yang tidak omong besar, melainkan pemuda yang bertindak nyata. Tentu saja pemuda yang telah mengukir prestasi memiliki nilai lebih di masyarakat.

Jika kewajiban pemuda adalah mengemban tugas sebagai generasi penerus bangsa, bagaimana dengan seorang wisudawan? Sudahkah ia menyumbangkan sesuatu yang berguna bagi universitasnya? Perayaan dan tasyakuran hanya simbol. Lulus dengan IPK cumlaude dan bertitel sarjana tidak menjamin lahirnya sebuah peran penting dalam perubahan bangsa, tapi sekadar berperan penting dalam akreditasi universitas tempat ia kuliah. Banyak lulusan universitas ternama yang hanya menjadi pengangguran.

Fenomena yang tampak selama ini tak menunjukkan perubahan yang signifikan. Mahasiswa saat ini tak lebih hanya status yang disandang seseorang yang menuntut ilmu di perguruan tinggi.

Jika mengulas sejarah, yang kita rasakan saat ini merupakan buah dari yang diperjuangkan oleh generasi penerus, terutama mahasiswa. Apakah mahasiswa pada masa tersebut sama dengan mahasiswa pada era ini? Sulit untuk mengatakan “ya”. Namun, tak mudah pula mengatakan “tidak”.

Jadi, jangan bangga mengaku sebagai mahasiswa jika belum memberikan sesuatu yang berguna bagi bangsa dan generasi berikutnya.

Comments :

0 komentar to “Pemuda adalah generasi penerus bangsa”